AL-QUR'ANCERAMAHMUTIARA QOLBURAMADHAN

Rangkuman Ceramah Tarawih Ustaz Dandi: Menggapai Hidayah

Selama ini kita sering mendengar kata “hidayah”. Bagaimana cara meraihnya? Berikut rangkuman ceramah tarawih bersama Ustaz Dandi di Masjid An-Nur, yang akan menjawabnya, Insya Allah.

Masjid An-Nur yang berlokasi di kompleks Pesantren Al-Wahdah Bombana putri ini memang menyajikan ceramah tarawih seperti masjid-masjid lainnya. Dan, tema yang diangkat pada malam ketujuh Ramadhan, tepatnya Ahad (18/03/2024) adalah “Menggapai Hidayah”.

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Kitab ini adalah sumber hukum teragung dan tersuci. Tidak ada yang dapat mengalahkannya. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 185 disebutkan Allah:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Hidayah iman dan Islam adalah karunia yang tidak terhingga nilainya. Maka, mari kita kejar dan mencari hidayah tersebut. Hidayah memang tidak akan datang tanpa ada usaha untuk mencarinya.

4 Cara Meraih Hidayah dan Petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala

1. Perbanyak Membaca Al-Qur’an dan Mentadabburinya

Al-Qur’an adalah petunjuk yang lurus bagi manusia. Oleh karena itu, tidak cukup dengan membaca, tetapi juga mentadabburinya.

2. Perbanyak Melihat Kebesaran pada Allah

Kita melihat pada alam semesta ini, terdapat banyak tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Contohnya adalah pada silih bergantinya siang dan malam.

3. Perbanyak Berdzikir Kepada Allah

Dzikir dalam dilakukan dalam semua keadaan kita, baik ketika sehat maupun sakit, lapang maupun sempit. Ingat, bahwa dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram.

4. Perbanyak Berdoa Kepada Allah

Kita memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar senantiasa berada di jalan yang dan petunjuk yang lurus.

Hamba-hamba Allah tidak akan mendapatkan petunjuk dari Allah, kecuali Allah yang memberikannya. Oleh karena itu, minta petunjuk kepada Allah. Demikian yang dinukilkan dari hadits riwayat Muslim.

Jika tulisan di atas bermanfaat untuk orang lain, silakan like dan dishare, ya! Syukron wa jazakumullah khairan katsira, terima kasih.
Loading spinner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *