INFO WAHDAHQURBAN

Idul Adha: Dari Jaga Hewan Kurban Hingga Coto yang Selalu Dinantikan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah (WI) Bombana melayani ibadah yang sangat agung di Hari Raya Idul Adha ini, yaitu: penyembelihan hewan kurban.

Seperti malam-malam Idul Adha sebelumnya pula, para ikhwan DPD WI Bombana tersebut diberi jadwal tugas untuk menjaga hewan kurban. Pada Idul Adha 1445 Hijriyah kali ini, hewan kurban yang disembelih di Pondok Pesantren Al-Wahdah Bombana putra di Kelurahan Poea, sebanyak 11 sapi dan 16 ekor kambing.

idul-adha-1

Para ikhwan yang menjaga mendapatkan tiga shift giliran, yaitu: pada pukul 18.00-22.00 WITA sebanyak 10 orang, pukul 22.00-02.00 WITA sebanyak 11 orang, dan pukul 02.00-06.00 WITA ada 9 orang.

idul-adha-5

Mengapa hewan kurban harus dijaga? Rupanya, pernah terjadi, hewan kurban hilang dicuri orang. Waktu itu, penyembelihan masih di Ponpes Al-Wahdah Bombana putri, di Kelurahan Lauru, Kecamatan Rumbia Tengah. Sejak kejadian tersebut, malam sebelum Idul Adha, selalu saja diberikan jadwal untuk menjaga hewan kurban.

idul-adha-2

Agar aktivitas tersebut menjadi makin menarik, disediakan aneka makanan dan minuman. Untuk minumannya, selain air mineral yang tentunya bukan produk Yahudi laknatullah, juga para ikhwan bebas mengambil saraba. Minuman hangat, sedikit pedas, dan membuat kantuk jadi tidak terlalu merasuk.

idul-adha-3

idul-adha-4

Adapun untuk makanannya, berupa ayam bakar, ikan bakar, ketupat, gorengan pisang, gorengan ubi, dan semacamnya. Kebersamaan yang ada justru membuat aktivitas menjaga jadi tidak terlalu membosankan. Saling cerita biasa menjadi topik yang menyemarakkan suasana.

Sholat Idul Adha dan Khutbah oleh Alumnus STIBA

Sebelum membahas lebih jauh pada subjudul ini, maka terlebih dahulu, DPD WI Bombana mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

selamat-hari-raya-idul-adha

Berikut, sebagian suasana menjelang sholat Idul Adha yang dilaksanakan oleh DPD WI Bombana.

idul-adha-6

Hari raya umat Islam memang dilaksanakan dalam suasana ibadah, tentu yang afdhalnya adalah Sholat Idul Adha. Dalam rangkaian ibadah kali ini, Muhammad, alumnus SD Islam Terpadu Al-Wahdah Bombana, putra dari Ustadz Akbar Jabba, S.Pd.I, Ketua DPD WI Bombana, menjadi imam. Sedangkan khatib oleh Ustadz Salman Al-Farisi, SH, pembina Ponpes Al-Wahdah Bombana sekaligus alumnus STIBA (Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab) Makassar.

idul-adha-7

idul-adha-8

Sebelum pelaksanaan ibadah sholat dimulai, Ustadz Amiruddin memberikan panduannya. Beliau menuntun yang hadir untuk mengikuti sholat dengan tujuh kali takbir di rakaat pertama dan lima kali takbir di rakaat kedua.

idul-adha-9

Setelah sholat yang Insya Allah dilaksanakan dengan khusyuk di lapangan futsal Ponpes Al-Wahdah Bombana putra, khutbah dimulai. Mengambil tema “Jejak Cinta Nabi Ibrahim Antara Palestina dan Makkah.”

Ustadz Salman mengajak jamaah untuk mengawali dengan rasa syukur. “Kita bangun dalam balutan rasa aman tanpa teror pada jiwa. Pujian tak terbatas kepada pengatur alam semesta.”

Sesuai dengan sejarah Islam, Idul Adha selalu dikaitkan dengan kisah kekasih Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Nabi Ibrahim alaihissalam.

idul-adha-10

“Nabi Ibrahim alaihissalam adalah umat yang tidak syirik kepada Allah, dalilnya Surah An-Nahl ayat 120,” ujar Ustadz Salman.

Beliau mengungkapkan sejarah pula bahwa Ibrahim muda memilih tauhid dan beresiko dibakar hidup-hidup. “Sejak selamat dari pembakaran hidup-hidup, Ibrahim meninggalkan kampungnya di Irak dan sampai ke Palestina.”

idul-adha-11

Materi khutbah selanjutnya membahas tentang Palestina, negeri yang sampai sekarang masih dibombardir oleh Israel. “Sekarang Palestina diklaim oleh entitas Yahudi, kaum yang selalu membantah Nabi Musa alaihissalam.” kata ustadz yang pernah jadi ketua panitia sebuah kegiatan ini.

Selain berbicara tentang Palestina, Ustadz Salman juga mengungkapkan pentingnya perhatian kepada keluarga. Katanya, “Yang terpenting adalah anak-anaknya menjadi anak-anak yang sholeh. Kekhawatiran Ibrahim bukan tentang anak-anaknya kerja apa nanti, tetapi ingin agar anak-anaknya mati dalam keadaan muslim.”

Fokus keluarga muslim, ujar Ustadz Salman, adalah berusaha untuk melahirkan pejuang-pejuang agama. Dan, kembali Palestina diungkit dalam bagian ini, “Apakah setelah tujuh bulan ini, masih ada kepedulian kita terhadap keluarga-keluarga di Palestina? Apakah ada kepedulian kita untuk tidak mencicipi sedikitpun produk-produk pendukung genosida?”

idul-adha-12

Pada bagian terakhir khutbah, beliau memberikan nasihat untuk para muslimah, “Ada pengecoh kehidupan, habis untuk calling dan shopping. Interaksi medsos jadi lupa akhirat.”

Beliau mengajak untuk mencontoh wanita-wanita sholihah, seperti: Khadijah, Aisyah, dan yang lainnya. Sedangkan nasihat untuk pemuda muslim, “Ingatlah bahwa masa muda itu bukan jaminan untuk bisa melewatinya. Bisa jadi hidup cuma sampai masa muda saja. Belajarlah kepada pemuda-pemuda mulia, seperti: Abdullah bin Umar.”

Rangkaian Penyembelihan Hewan Kurban

idul-adha-13

Usai sholat Idul Adha, para ikhwan bersiap-siap untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan dimulai sekitar pukul 08.00 WITA lebih. Kambing cepat terpotong, sedangkan sapi baru dimulai sekitar pukul 09.00 WITA lebih.

idul-adha-17

idul-adha-14

Agar lebih maksimal dalam penyembelihan hewan kurban, daftar para shohibul kurban sudah diketik dan menjadi sebuah catatan bagi panitia. Catatan tersebut juga sebagai bentuk dokumentasi kepada publik, seperti dalam foto-foto berikut ini:

idul-adha-25

idul-adha-26

idul-adha-27

idul-adha-28

idul-adha-29

Setelah hewan terpotong, langkah selanjutnya adalah mulai dikuliti, dipotong bagian-bagian tubuhnya, selanjutnya dipisahkan antara tulang dengan daging. Jika daging sudah terpotong dalam bentuk tertentu, dimasukkan ke dalam plastik dengan tulisan khusus.

idul-adha-15

Dalam satu kantong plastik, daging ditimbang seberat satu kilogram. Sementara tulang juga ditimbang dengan ukuran yang sama. Daging kambing beserta tulangnya ditimbang seberat 1,5 kilogram.

idul-adha-16

idul-adha-18

idul-adha-19

Setelah dihitung secara total, maka shohibul qurban atau orang yang berkurban mendapatkan 4 kilogram daging dan 1 kilogram tulang. Ini jumlah yang cukup lumayan bagi para pekurban. Sekitar pukul 14.00 WITA, kantong-kantong untuk pekurban sudah dipisahkan. Masih ada kantong-kantong daging yang diberikan kepada masyarakat yang membawa kupon dan para pekerja atau masyarakat yang ikut membantu pemotongan daging hewan kurban.

Bentuk pelayanan lainnya dari DPD WI Bombana kepada shohibul kurban adalah dibuatkan grup Whatsapp khusus. Dalam grup tersebut diberikan segala informasi tentang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Ustadzah Enindelastri, Ketua Muslimah Wahdah Daerah (MWD) Bombana, menerima komentar positif dari shohibul kurban melalui telepon. Beliau berharap para shohibul kurban tidak keluar grup dan semoga tetap menjadi shohibul kurban untuk tahun depan.

Menurut Ustadz Basran, Wakil Ketua DPD WI Bombana, untuk kecamatan yang masih tergabung dalam DPD WI Bombana, Poleang menyembelih 8 ekor sapi, dan Poleang Timur 2 ekor sapi. Tambahan data, kata Ustadzah Enindelastri lagi, Kabaena telah menyembelih 20 ekor sapi.

idul-adha-20

Momen Spesial yang Selalu Dinantikan

Dari tahun ke tahun, ada satu momen kebersamaan para ikhwan yang mungkin tidak di setiap tempat ada, yaitu: makan bersama dengan menu coto. Sebenarnya, coto mirip juga dengan soto di Jawa, tetapi memang di Sulawesi dikenal dengan nama coto tersebut.

idul-adha-21

Coto yang dibuat berasal dari jerohan sapi, jadi sama sekali tidak mengganggu hak para pekurban maupun daging yang akan dibagikan nantinya. Aroma coto yang memang lezat, panas, ditambah dengan sambal yang terasa “maknyus”, ada rasa segar dari perasan jeruk nipis, dipadu dengan ketupat yang mengisi bagian perut yang kosong, semuanya menjadi satu dalam balutan kebersamaan sesama panitia kurban.

Para panitia baru bisa menikmati coto tersebut setelah Ashar. Hal itu terjadi karena padatnya pekerjaan pelayanan pemotongan hewan kurban, menjaga paket-paket daging yang ada, termasuk pembagian ke masyarakat. Jadi, perut sudah melilit sejak siang, tetapi baru bisa mendapatkan sentuhan kasih sayangnya melalui coto di waktu sore hari.

idul-adha-22

Momen seperti itu memang tidak terjadi tiap hari, tetapi selalu saja dinantikan tiap pemotongan hewan kurban. Apalagi yang membuat coto sudah berpengalaman dalam menghadirkan rasa yang akrab dan sedap di lidah.

idul-adha-23

Secara umum, rangkaian penyembelihan hewan kurban selesai pada pukul 17.00 WITA. Para ikhwan atau panitia kurban merapikan tempat, melipat terpal, membongkar tenda, dan membersihkan yang masih kotor. Masih ada cukup banyak daging maupun tulang yang belum diambil. Hal itu akan menjadi usaha panitia untuk memberikan kepada yang berhak maupun ada usaha lainnya.

idul-adha-sapi

Bagi panitia yang berminat dengan jerohan sapi, seperti: hati, jantung, paru-paru, limpa, bahkan ginjal, maka boleh mengambilnya. Dan, tentu saja, siapa juga yang tidak mau? Hanya memang, diatur pembagiannya oleh Ustadz Akbar, jika tidak, bisa jadi akan berebutan. Niatnya ingin mendapatkan hati, tetapi justru malah jadi patah hati? Betul bukan?

idul-adha-24

Dan, inilah kami panitia kurban Idul Adha 1445 Hijriyah, DPD WI Bombana. Kami mengucapkan syukron wa jazakumullah khairan kepada para shohibul kurban yang sudah berkenan untuk berkurban di DPD WI Bombana.

idul-adha-30

Kami juga mengucapkan yang sama kepada masyarakat yang ikut membantu dalam proses penyembelihan hingga dikemas untuk siap dibagikan. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam pelayanan, sebagai manusia biasa, tentunya kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

idul-adha-31

Doa dan harapan, semoga bisa bertemu lagi di Idul Adha tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. Selain itu, harapan agar pelayanan bisa lebih baik lagi. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas segala amal yang kita lakukan dengan sebaik-baiknya balasan. Aamiin ya rabbal alamin. [RKR]

Jika tulisan di atas bermanfaat untuk orang lain, silakan dishare, ya! Syukron wa jazakumullah khairan, terima kasih. Untuk yang menggunakan HP, jika ingin memberikan reaksi terhadap tulisan di atas, bisa klik tanda tiga garis mendatar di bawah!
Loading spinner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *