Tebar Ifthar Nusantara DPD WI Bombana, DPC WI Poleang, dan DPC WI Kabaena Barat

0
238

Sesuai arahan dari DPP Wahdah Islamiyah (WI), ditambah dengan panduan dari DPW WI Sulawesi Tenggara, maka DPD WI Bombana dan “dua” cabangnya melakukan pembagian ifthar atau makanan berbuka puasa.

Alhamdulillah, kegiatan itu berhasil dilakukan pada hari Jum’at (23/04). Waktu yang diambil tentu sore hari karena menjelang waktu berbuka puasa.

Tebar ifthar Nusantara ini sesuai dengan kondisi sekarang, di tengah pandemi covid-19 yang belum hilang. Ketika tidak ada pandemi dahulu, bisa dilakukan ifthar berjamaah di masjid. Mengundang tokoh-tokoh penting masyarakat maupun kalangan masyarakat biasa. Mengakrabkan dengan panitia dari DPD maupun DPC.

Namun, kegiatan tersebut sudah pasti akan menimbulkan kerumunan. Potensi untuk penyebaran covid-19 bisa kembali muncul jika tanpa protokol kesehatan yang baik.

Solusi yang diambil adalah membagikan paket-paket menu berbuka puasa ke rumah-rumah warga atau di jalan-jalan umum. Ada pula hikmah dari membagikan langsung seperti itu. DPD maupun DPC WI bisa langsung menyapa kelompok masyarakat, sekaligus sebagai sarana dakwah. Sebab, yang diberikan paket pasti akan bertanya, “Dari mana ini?”

“Oh, dari Wahdah Islamiyah. Alhamdulillah.” Mungkin begitu dan semoga begitu tanggapan positif dari masyarakat.

Toh pada dasarnya, donasi menu berbuka puasa senilai Rp25.000,00/orang dari masyarakat pula. Dari masyarakat, kepada masyarakat, dan oleh masyarakat, karena Wahdah Islamiyah juga bagian dari masyarakat.

Bagaimana pelaksanaan kegiatan ifthar ini? Marilah kita simak dokumentasi berikut ini!

Tebar Ifthar dari DPD Wahdah Islamiyah Bombana

Tidak hanya dibagikan oleh kalangan ikhwan dari DPD WI Bombana, tetapi juga melibatkan santri putra atau santri ikhwan dari SMA IT Al-Wahdah Bombana.

Sekolah yang menerapkan sistem kepesantrenan ini tidak hanya ingin menjadikan santri pintar di dalam pesantren, tetapi harus bisa membaur ke masyarakat nantinya. Latihannya melalui kegiatan ifthar Nusantara ini. Sebelum ke masyarakat, mereka juga dibagikan di dalam lingkungan pesantren.

Bukti kekompakan antarsantri putra di dalam ponpes Al-Wahdah Bombana

Membagikan ifthar sambil menyapa masyarakat dan melihat kondisi real mereka, bisa memunculkan jiwa sosial di hati santri

Dalam waktu yang sama, dari Muslimah Wahdah Daerah Bombana juga mengadakan tebar ifthar. Untuk lokasinya berada di Tugu Munajah, yang merupakan titik nol Kabupaten Bombana. Lokasi ini sangatlah strategis karena menjadi pusat lalu lalang kendaraan bermotor.

Kali ini, yang dilibatkan adalah santri putri atau santri akhwat, masih sama dari SMA IT Al-Wahdah Bombana. Seperti apa hasilnya? Kita simak lagi dokumentasinya.

Masyarakat cukup antusias menerima paket ifthar Nusantara dari DPD WI Bombana

Total ifthar yang dibagikan oleh DPD WI Bombana tersebut sebanyak 200 paket. Setelah dari sini, berikutnya kita beralih ke DPC.

Tebar Ifthar dari DPC Wahdah Islamiyah Poleang

Antara Kecamatan Poleang dengan ibukota Kabupaten Bombana di Kecamatan Rumbia memakan jarak sekitar 1 jam lebih perjalanan darat. Meskipun lokasinya cukup jauh tersebut, tetapi berkat kecanggihan teknologi saat ini, informasi dari sana tetap bisa dilaporkan ke DPD WI Bombana. Dan, inilah hasilnya!

Bagaimana? Terlihat sedap dipandang mata bukan? Ternyata, selain membagikan makanan untuk berbuka puasa, DPC WI Poleang juga membagikan paket sembako untuk kelompok masyarakat yang membutuhkan. DPC ini membagikan total 150 kotak ifthar dan 15 paket sembako.

Wilayah daratan sudah, sekarang kita melaju ke wilayah pulau, tepatnya di Pulau Kabaena, lebih tepat lagi di DPC WI Kabaena Barat.

Tebar Ifthar dari DPC Wahdah Islamiyah Kabaena Barat

Jika ingin menuju ke Kabaena, mesti menempuh kapal kayu maupun speed. Bila dengan kapal kayu, memakan waktu sekitar lima jam, sedangkan speed hanya dua jam. Mendaratnya di pelabuhan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat.

Meskipun terpisah oleh laut, lagi dan lagi, teknologi tidak menghalangi. Selama ada sinyal internet, apapun bisa dilakukan. Dan, terbukti, kegiatan ifthar dari DPC WI Kabaena Barat berjalan dengan lancar. Mau tahu buktinya? Ini dia jawabannya!

DPC Kabaena Barat telah membagikan 1.000 paket pada Jum’at (23/04) kemarin. Terdiri dari paket ifthar dan hidangan buka puasa.

Masih Hari ke-12

Beberapa dokumentasi kegiatan ifthar Nusantara dari DPD WI Bombana, DPC WI Poleang, dan DPC WI Kabaena Barat, sukses dilaksanakan. Alhamdulillah, tentunya dengan dukungan dari para donatur, kegiatan ifthar bisa terwujud.

Apakah akan berhenti di sini? Insya Allah tidak. Anda pun masih sangat boleh untuk ikut bergabung dalam kegiatan tebar ifthar Nusantara ini, dengan menghubungi link berikut ini.

Masih akan ada lagi aksi nyata dari DPD WI Bombana dengan DPC-DPC di bawahnya untuk membagikan ifthar dan paket bantuan lain. Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menebar kebaikan dan kemanfaatan kepada sesama kaum muslimin.

Mumpung masih bulan suci Ramadhan, tebar kebaikan, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan tebar pahala-Nya yang luar biasa. Tentu, kita berharap bisa mendapatkannya. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here