Tadabbur Qur’an

1
302

Apa yang Anda rasakan ketika membaca ayat ini?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

إِنَّهُۥ مَنْ يَأْتِ رَبَّهُۥ مُجْرِمًا فَإِنَّ لَهُۥ جَهَنَّمَ لَا يَمُوتُ فِيهَا وَلَا يَحْيٰى
“Sesungguhnya barang siapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa, maka sungguh, baginya adalah neraka Jahanam. Dia tidak mati (terus merasakan azab) di dalamnya dan tidak (pula) hidup (tidak dapat bertobat).”
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 74)

Seharusnya ayat ini menjadikan kita semakin takut kepada Allah serta siksaan neraka yang Allah siapkan untuk para pendosa, jangan sampai kitalah mereka itu 🥺😢.

Lalu, apa yang Anda rasakan ketika membaca ayat ini

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَأْتِهِۦ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصّٰلِحٰتِ فَأُولٰٓئِكَ لَهُمُ الدَّرَجٰتُ الْعُلٰى
جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ خٰلِدِينَ فِيهَا  ۚ وَذٰلِكَ جَزَآءُ مَنْ تَزَكّٰى

“Tetapi barang siapa datang kepada-Nya dalam keadaan beriman, dan telah mengerjakan kebajikan, maka mereka itulah orang yang memperoleh derajat yang tinggi (mulia).
(yaitu) Surga-Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah balasan bagi orang yang menyucikan diri.” (QS. Ta-Ha 20: Ayat 75-76)

Seharusnya ayat ini menjadikan kita berharap-harap cemas, semoga Allah memperkenankan kita termasuk golongan ini, yaitu mereka yang senantiasa melakukan amalan soleh, bertaubat dari dosa-dosanya, yang senantiasa mengharapkan surga dan Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala 🤲🏽🥺

Namun, jika pesan dari Allah yang disampaikan kepada kita melalui ayat-ayat-Nya yang mulia ini, belum juga menggetarkan hati dan menjadikan kita berubah lebih baik, maka tangisilah diri kita, sudah seberapa keras hati kita, atau mungkin dosa apakah yang telah kita lakukan sehingga ayat Alqur’an belum bisa menembus relung hati 🥺😢

#Tazkirah
#Catatanperindusurga

Ustadz Syahrul Bardin, S.H Hafidzahullah ( Alumni STIBA Makassar, Mahasiswa Universitas Islam Madinah )

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here